WILUJENG SUMPING

Powered By Blogger

Rabu, 08 September 2010

RENUNGAN MALAM


Sahabatku, berusahalah dengan sungguh agar waktumu terbagi empat: 1/4 untuk munajat kepada ALLAH Azza Wa Jalla; 1/4 untuk mencari kehidupan; 1/4 untuk bergaul dengan saudara-saudara dan orang-orang yang terpercaya yang mau menunjukkan kekuranganmu dan yang ikhlas kepadamu dalam hatinya; dan 1/4 lagi untuk menikmati hal-hal yang tidak diharamkan atas dirimu. Janganlah kamu berkata-kata tentang kemiskinan dan panjang umurmu. Sebab, barangsiapa yang menceritakan kemiskinannya bererti ia bakhil.

Sedangkan orang yang berbicara tentang panjang umur berarti ia orang tamak. Jadikanlah untuk dirimu bagian kehidupan dunia dengan memberinya suatu kesenangan yang halal tanpa berlebih-lebihan dan mintalah pertolongan untuk itu dengan melaksanakan perintah-perintah Allah. Sebab, "Tidaklah termasuk golongan kami, orang yang meninggalkan urusan dunianya untuk mengejar urusan akhiratnya dan yang meninggalkan urusan akhiratnya untuk mengejar urusan dunianya."


Wahai saudaraku, sesungguhnya dunia ini ibarat lautan yang sangat dalam dan telah tenggelam di dalamnya manusia yang sangat banyak jumlahnya. Karena itu, jadikanlah ketakwaan sebagai perahumu, iman sebagai dayungnya, tawakkal sebagai kemudinya, akal sebagai tiangnya, ilmu sebagai kompasnya dan kesabaran sebagai sauhnya."

Wahai sahabatku yang rendah hati... Sesungguhnya ALLAH Azza Wa Jalla telah menyempurnakan manusia dengan hujjah berupa akal, melimpahkan karunia kepada mereka dengan keterangan2 dan menunjukkan kepada mereka tentang ketuhanan-NYA dengan bukti-bukti.

Wahai sahabatku yang rendah hati... ALLAH Azza Wa Jalla menjelaskan bahwa akal itu menyertai ilmu, lalu DIA berfirman 'Itulah contoh2 yang KAMI berikan untuk manusia dan tiada yang mau memikirkannya kecuali orang-orang yang berakal.'

Wahai sahabatku yang rendah hati... Sesungguhnya, ALLAH Azza Wa Jalla telah berkata, 'Dan sesungguhnya KAMI telah menganugerahkan hikmah kepada Luqman.' Hikmah adalah pemahaman dan akal.

Wahai sahabatku yang rendah hati... ALLAH Azza Wa Jalla menjelaskan bahwa akal itu menyertai ilmu, lalu DIA berfirman 'Itulah contoh2 yang KAMI berikan untuk manusia dan tiada yang mau memikirkannya kecuali orang-orang yang berakal.' ALLAH Azza Wa Jalla telah berkata, 'Dan sesungguhnya KAMI telah menganugerahkan hikmah kepada Luqman.' Hikmah adalah pemahaman dan akal.

Wahai orang yang rendah hati... Sesungguhnya orang yang berakal itu rela meninggalkan kesenangan dunia untuk memperoleh hikmah, tetapi orang yang dungu tidak akan rela meninggalkan kesenangan dunia untuk mencari hikmah.

Wahai sahabatku yang rendah hati... Orang yang berakal tidak akan mengajak berbicara orang yang dikhuatirkan kebohongannya, tidak meminta kepada orang yang tidak memberinya, tidak menuntut sesuatu yang diluar kemampuannya, tidak mengharap sesuatu yang jauh dari jangkauannya dan tidak mendahului (mengatakan) sesuatu yang ia khuatir tidak sanggup melakukannya. Hendaknya kamu takut kepada ALLAH Azza Wa Jalla, baik ketika sendirian maupun di tempat ramai, bersikap adil ketika senang dan marah, sederhana ketika kaya maupun miskin, menghubungkan tali persaudaraan kepada orang yang memutuskannya, memaafkan orang yang berlaku zalim kepadamu dan menyayangi orang yang membencimu. Jadikan berfikirmu sebagai pelajaran, DIAM-mu sebagai kegiatan berfikir, ucapanmu sebagai zikir dan kedermawanan sebagai watakmu. Sebab, orang yang bakhil tidak akan masuk syurga dan orang yang dermawan tidak akan masuk neraka.

Ya Raab, kami tidak ragu atas rahmat-Mu, Engkaulah pelindung kami di dunia dan akhirat, wafatkanlah kami Ya Raab dalam keadaan Islam dan gabungkanlah kami dengan orang2 yang sholeh.

Ya Allah, karuniakanlah keikhlasan dalam jiwa kami. Jadikanlah kami hamba-Mu yang senantiasa peduli dengan hamba yang lainnya. Ya Allah bantulah kami, untuk mendekati-Mu dengan amal-amal yang suci. Amal yang membersihkan kami dari dosa dan menjaga kami dari mengulangi celaka. Amin.

Ya Allah, limpahkanlah malam-malam penuh barakah ramadhan ini kepada hamba-hamba-Mu. Malam dimana hamba-Mu senantiasa bersujud kepada-Mu, malam dimana hamba-Mu dengan khusyu’ menghadap-Mu dengan penuh linangan air mata berharap ampunan dan ridho-Mu.

Ya Allah, kami memohon kepada-Mu dengan permohonan hamba yang rendah, hina dan ketakutan, maafkanlah dan sayangilah kami. Jadikan kami selalu rela dan puas dengan pemberian-Mu, selalu tunduk dan patuh kepada-Mu dalam segala keadaan. Ya Rabb, kami memohon dengan permohonan orang yang sunguh2 dgn keperluan kami.

Wahai Dzat yang Maha Pemurah dengan pemberian-pemberian, wahai pemberi bantuan dan pertolongan. Anugrahkanlah Shalawat serta rahmat-Mu kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, ciptaan-Mu yang paling luhur budinya, ampunilah dosa-dosa kami di malam ini, wahai dzat yang Maha luhur terimalah munajat kami. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank's for visit my blog